Ekskul Paskibra

Blog Single

Ekstrakulikuler Paskibraka SMA Yappenda

Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Pembentukkan Karakter, Moral dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Yappenda Jakarta

SMA Yappenda memiliki tingkat kedisiplinan yang cukup tinggi, baik dalam ketepatan waktu pembelajaran, pemberian sanksi-sanksi tegas dalam menindak siswa yang melakukan pelanggaran, pewajiban mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. Menarik bagi peneliti untuk menggali pelaksanaan aktivitas ekstrakurikuler Paskibra yang erat dengan prinsip-prinsip disiplin dalam upayanya menumbuhkan sikap nasionalisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler paskibra memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, moralitas, dan sikap siswa karena paskibra dapat menanamkan sikap tegas, bertanggungjawab, disiplin, percaya diri, dan memiliki jiwa kepemimpinan, serta di dalam setiap pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler paskibra dapat menumbuhkan aspek sikap nasionalisme yakni, cinta tanah air, rela berkorban, persatuan dan kesatuan, serta jiwa pembaharu atau pantang menyerah. Sehingga siswa-siswi SMA Yappenda dapat mengemban rasa bangga akan cinta tanah air dan nasionalisme yang bertumpu pada 4 pilar bangsa (UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI), serta 3 pilar lainnya seperti, Bendera, Bahasa, dan Lagu Kebangsaan. Khususnya pemahaman mengenai nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Sejarah paskibra pertama kali terbentuk tahun 1990 yaitu angkatan pertama kak AGUS BUDIONO, beliau merupakan anggota paskibraka pertama kali dari SMA YAPPENDA yg bertugas menjadi perentang paskibra SMA YAPPENDA. Kemudian terus berkembang pada era 2017 sampai saat ini. Ekskul paskibra banyak meraih beberapa penghargaan mulai dari lomba gerak jalan se-Jakarta Utara, hingga terpilihnya sekolah kita seleksi PASKIBRAKA tingkat wilayah dan DKI. Setiap tahunnya ada perwakilan dari SMA YAPPENDA yang lolos seleksi PASKIBRAKA mulai dari tahun 1990 hingga saat ini.

Penghargaan dan Prestasi Paskibra

Paskibra SMA YAPPENDA memiliki banyak prestasi yang diraih dan membawa pulang beberapa piala untuk sekolah serta setiap tahun ada perwakilan siswa dan siswi yang menjadi PASKIBRAKA. Berikut prestasi dalam waktu dekat:

1. Muhamad Rahul menjadi perwakilan untuk angkatan 2018 dan bertugas menjadi danton paskun 8 pengibaran WALIKOTA.

2. Tahun 2019 ada 3 perwakilan yang masuk yaitu Afifah Novia s ( Nova), Najwa Naura S (Nara) dan Putri Agustin (Utri)

3. Juara 1 Lomba Formasi Pengibar Bendera Tahun 2017

4. Juara 2 lomba LTUB se DKI tahun 2019

5. Juara harapan 2 Pemimpin upacara tahun 2019 

6. Juara harapan 2 Lomba LTUB di SMKN 49



Foto

Gallery Thumb 1 Gallery Thumb 1 Gallery Thumb 1 Gallery Thumb 1 Gallery Thumb 1 Gallery Thumb 1